31 Agustus, 2008

[resto-indonesia] FoodFezt - Melayani dengan Teknologi

http://gudeg.net/news/2008/08/3770/Foodfezt-Melayani-dengan-Teknologi.html
Foodfezt Melayani dengan TeknologiJoko Widiyarso - GudegNet

Sekilas mungkin tak ada yang istimewa dari Foodfezt. Venue "semacam tempat makan" ini berkonsep resto (foodcourt) dan garden dalam bangunan dua lantai yang terletak di Gang Pandega Karya, Jl. Kaliurang KM. 5,5 Sleman, Yogyakarta. Konsep foodcourt dan garden tersebut, akhir-akhir ini telah banyak diakomodasi oleh sejumlah tempat makan di Jogja, meski mungkin tidak dalam satu lokasi.
Memasuki restoran, Anda akan disambut dengan keramahan pelayan -rata-rata masih menempuh kuliah di sejumlah Perguruan Tinggi di Jogja- yang menawarkan daftar menu yang ada di restoran yang berdiri sejak 17 Oktober 2007 lalu. Setelah memesan menu, ada yang aneh dengan layanannya. Si pelayan bukanya menulisnya di kertas pesanan, tapi malah mengeluarkan Personal Digital Assistant (PDA) layaknya eksekutif muda yang sibuk dengan agenda-agendanya. Ternyata gadget mutakhir itu adalah salah satu piranti yang memang dipergunakan oleh pelayan Foodfezt dalam melayani pesanan tamu agar lebih cepat. Daftar menu yang dipesan tamu akan dikirim via PDA ke 11 stall yang dituju dalam hitungan detik. Praktis, hal ini menghemat dan mempercepat waktu yang ditempuh oleh pelayan sekaligus pesanan dari tamu.
"Sistem layanan berbasis IT ini, Foodfezt Integrated Kitchen System (FIKS), kami luncurkan agar tamu yang datang tak perlu berdiri dan berkeliling ke stall-stall ketika memesan makanan," kata General Manager Foodfezt, Fajar Handika kepada GudegNet (20/08).
Dengan sistem tersebut, terbukti pengunjung dapat memesan dengan praktis dan cepat, begitu pula pelayan menghemat waktu dan tenaga mereka karena tidak perlu menyerahkan daftar pesanan ke stall yang ada. Selagi menunggu hidangannya siap, pengunjung -yang membawa laptop- dapat menikmati layanan wi-fi yang disediakan resto berkapasitas sekira 250-300 orang ini.  
Dengan 11 stall atau tenant, Foodfezt tak serta merta menerima pemilik tenant yang ingin menyewa tempat di Foodfezt. Sejumlah pertimbangan dilakukan terlebih dahulu sebelum mengijinkan pemilik usaha makanan membuka usahanya di tempat makan yang tak mematok segmen ini. Menurut Supervisor Foodfezt, Haryadi Tujung Sapotro, persyaratan utama yang harus dipenuhi oleh pengusaha adalah adanya menu spesifik yang berbeda dari tempat makan lain, setelah itu uji citarasa makanan.
Kambing Wijen 
Saat ini, Foodfezt telah menyediakan sedikitnya ratusan menu dari 11 tenant yang sama sekali berbeda satu dengan yang lain dalam hal jenis menis maupun citarasanya. Bagi penggemar dim sum, menu dari Woo Dim Sum sekiranya menjadi pilihan utama bagi Anda. Untuk penggemar steak, Bakoel Steak telah menanti Anda dengan beraneka jenis steak yang kata Pak Bondan 'mak nyuss'. Selain itu, Fish n Duck, Bakmi Oncor, Sego Abang, Nasi K'boeli, Coto Makassar Daeng Pole, Soup 'n Zupp, hingga Luzitano (Portuguese Food) siap untuk disantap. Khusus untuk minuman, FoodFest Bar telah menyediakan sejumlah pilihan minuman spesial yang lebih dari sekadar menghilangkan dahaga saja.  
Untuk lebih memanjakan tamu yang datang, restoran yang memberikan pilihan area kanopi, lantai satu, lantai dua dan outdoor ini juga memberikan hiburan musik live bagi pengunjung pada Sabtu dan Minggu malam. Selain itu, jika kehabisan uang tunai untuk membayar tagihan, Anda tidak perlu keluar mengambil uang di ATM, karena Foodfezt juga menerima kartu kredit.     
Tak hanya berkomitmen untuk menjadikan tamu sebagai raja di restoran, Restoran yang buka setiap hari mulai pukul 10.00-23.00 WIB ini juga melayani pelanggan dengan delivery service. Menurut Creative Officer Foodfezt, Faiz Mudhokhi, untuk saat ini, layanan ini hanya berlaku bagi pelanggan dengan lokasi pada radius sekira 5 kilometer dari Foodfezt. Sebagai informasi, pemesanan tak hanya dapat dilakukan via telpon di +62-274-328-3000, tapi juga bagi Anda yang sedang online melalui chat lewat internet di Yahoo Messenger dengan id : jogja.foodfest
Foodfezt yang terletak cukup berjarak dengan jalan besar (jalan kaliurang -red) praktis mampu memberikan nuansa lain dari tempat makan kebanyakan. Suasana area kanopi Foodfezt mampu memunculkan kesejukan bagi pengunjung. Lantai satu lebih membawa kehangatan bagi Anda dan kolega. Lantai dua memberikan suasana privat bagi Anda dan keluarga. Sedangkan area outdoor akan memberikan suasana santai pada malam hari.

Tidak ada komentar: